Review : Buried

Buried, film yang sudah saya tunggu-tunggu dan akhirnya saya dapat menontonnya meskipun tidak di bioskop secara langsung. Film arahan Rodrigo Cortes ini menceritakan tentang Paul Conroy (Ryan Reynolds), seorang supir truk yang bekerja sebagai kontraktor di Iraq menemukan dirinya terkubur dalam sebuah peti. Dibekali sebuah handphone, pemantik api dan pisau, Paul berusaha untuk bertahan hidup. Namun sinyal buruk, baterai menipis serta oksigen yang terbatas membuat Paul hidup bagaikan di neraka. Panik, takut, frustasi dan kesal, Paul tak punya banyak waktu sebelum mimpi buruknya menjadi kenyataan.

Dilihat dari premisenya, film ini tentu menarik bukan? Tapi siapa yang mau selama 90 menit hanya menyaksikan seseorang yang terkubur dalam sebuah peti? Dan mungkin banyak orang yang bertanya, "Kalau begitu apa serunya?". Nah, di sini lah letak kelebihan Buried. Film yang memang sangat bergantung pada kehebatan akting seorang aktor untuk bisa memberikan nyawa ke dalam film. Dan Ryan Reynolds selaku pemeran utama membuat film ini menjadi hidup, Ryan mampu memberikan emosi ke dalam film. Dengan melihat bagaimana frustasi, kesal, panik dan takutnya seorang Paul, kita dapat merasakan betapa terdesak dan menderitanya jika berada pada posisi Paul. Hal itu memberikan rasa tegang dan terkadang sedih yang dapat terjaga dengan baik sepanjang film. Juga twist ending yang agak membuat saya kesal tapi puas di akhir film.

"I need one million dollars by nine o'clock tonight
or I'll be left to die in this coffin!"

Satu hal yang saya kagumi selain, teknik penyutradaraan Rodrigo Cortes dan akting Ryan Reynolds adalah bagaimana angle-angle kamera dalam mengambil shot film ini. Saya memang agak kurang paham tentang hal tersebut tapi saya sangat menikmati dan terkesan dengan hal tersebut. Kesimpulannya, dengan sebuah ide yang jarang diangkat ke dalam film, saya sarankan jangan sampai anda melewatkan film yang satu ini karena Buried menghadirkan 'sesuatu' yang tidak akan anda temui pada film-film lain. Tapi sebelum mengikuti saran saya itu, lebih baik anda jawab terlebih dahulu pertanyaan kedua saya pada paragraf kedua di atas.

0 comments: