Review : The Usual Suspects (1995)

Film yang meraih dua  Oscar, yaitu Best Original Screenplay (Christopher McQuarrie) dan Best Actor in a Supporting Role (Kevin Spacey). Menceritakan tentang lima orang penjahat : Dean Keaton (Gabriel Byrne), Michael McManus (Stephen Baldwin), Fred Fenster (Benicio del Toro), Todd Hockney (Kevin Pollak) dan Roger 'Verbal' Kint (Kevin Spacey) yang dituduh menjadi dalang pembajakan truk di New York. Tak satu pun dari mereka yang bersalah, mereka kemudian berencana untuk membalas dendam kepada polisi. Rencana itu pun berhasil. Tanpa disadari, ternyata mereka telah merugikan seorang penjahat legendaris yang misterius, Keyser Soze. Sebagai gantinya, mereka harus menyerang dan membakar sebuah kapal di pelabuhan San Pedro. 27 orang meninggal akibat ledakan tersebut dan kini hanya dua orang yang selamat :  seorang penjahat dengan keterbatasan fisik, Roger 'Verbal' Kint dan seorang penjahat asal Hungaria yang dirawat di rumah sakit. Polisi mulai menyelidiki apa yang sebenarnya terjadi dan menginterogasi kedua orang tersebut untuk mencari tahu siapa Keyser Soze sebenarnya.

Pertama kali mengetahui film ini, saya membaca pendapat orang-orang yang mengatakan bahwa film ini merupakan film tentang kejahatan yang paling sempurna. Sampai pertengahan film, saya bingung apa yang menjadi kejahatan paling sempurna karena kelima tokoh utama selalu ditipu dalam melakukan kejahatannya. Lalu saya berpikir, mungkin saja Keyser Soze tapi tokoh tersebut seperti hantu dan tidak nyata karena hanya menjadi bahan pembicaraan diantara tokoh lainnya. Tokoh Keyser Soze digambarkan sebagai penjahat yang mampu membunuh banyak orang dan mengetahui tentang identitas seseorang baik track record kehidupannya maupun dimana seseorang itu sedang berada. Namun pada akhir film, ternyata pendapat orang-orang benar bahwa inilah kejahatan paling sempurna. Kejahatan Keyser Soze.

"Who is Keyser Soze? He is supposed to be Turkish.
Some say his father was German. Nobody believed he was real.
Nobody ever saw him or knew anybody that ever worked directly for him,
but to hear Kobayashi tell it, anybody could have worked for Soze.
You never knew. That was his power.
The greatest trick the Devil ever pulled was convincing the world he didn't exist.
And like that, poof. He's gone."

Saya sempat mengira-ngira tentang siapakah sosok Keyser Soze sebenarnya. Dan perkiraan saya jatuh pada tokoh A. Seiring berjalannya cerita, saya sadar bahwa film ini memang bertugas untuk menggoyahkan perkiraan saya dengan cara memberikan petunjuk-petunjuk yang mengarahkan tokoh B sebagai sosok Keyser Soze. Dan itu berhasil, film ini berhasil meruntuhkan pendirian saya tepat sebelum film berakhir. Film ini menghadirkan twist ending yang benar-benar memuaskan. Walaupun pada akhirnya, perkiraan saya tentang tokoh A-lah yang menjadi tersangka utama itu terbukti. Film ini dapat memutarbalikkan fakta sehingga anda akan merasa seperti diombang-ambing.

"Do you believe in him, Verbal?"
"Keaton always said, "I don't believe in God, but I'm afraid of him." Well I believe in God, and the only thing that scares me is Keyser Soze."


Jujur, dari deretan cast di atas, saya hanya mengenal Benicio del Toro (21 Grams) dan Kevin Spacey (American Beauty). Saya kira hanya mereka berdua yang akan menonjol tetapi nyatanya para aktor lain juga mampu menunjukkan kapasitasnya dalam berakting.

Kesimpulannya, The Usual Suspects layak dan harus anda tonton.
Dan tebak siapakah Keyser Soze sebenarnya?

0 comments: