Review : Miracle of Giving Fool aka Ba:Bo (2008)

Maaf, akhir-akhir ini saya jarang me-review film. Selain karena persediaan film di rumah sudah habis, saya juga lebih selektif memilih film yang akan saya tonton terutama di bulan puasa ini. Maka saya kembali ke pilihan alternatif, yaitu film drama Korea. Film yang akan saya review adalah Ba:Bo. Film yang diadaptasi dari webcomic dengan judul yang sama hasil karya Kang Full. Mengisahkan Ji-ho (Ha Ji-won) menghabiskan bertahun-tahun di Eropa untuk belajar piano. Setelah sekian lama, Ji-ho kembali ke rumahnya dan bertemu dengan teman masa kecilnya yang idiot, Seung-ryong (Cha Tae-hyun). Seung-ryong, seorang idiot yang berjualan roti panggang demi membiayai serta merawat adiknya, Jee-in (Park Ha-seon). Namun, Jee-in merasa malu dan tidak pernah menyukai kakaknya.

Setelah beberapa kali menonton film yang dimainkan oleh Cha Tae-hyun. Saya menjadi begitu fanatik dengan aktor spesialis komedi ini. Wajahnya yang polos bisa dikatakan cocok sekali memainkan karakter Seung-ryong. Ia mampu mendalami dan menghayati perannya sebagai Seung-ryong. Ha Ji-won, aktingnya tidak begitu menonjol tapi bisa dibilang lumayan lah. Wajahnya yang cantik menyegarkan mata saya yang baru terbangun dari alam mimpi.

Yang saya rasakan saat menonton film ini adalah pesan moral yang sangat kental terkandung sepanjang film. Tingkah laku Seung-ryong menghadirkan gelak tawa. Ditambah kehadiran karakter seorang pemulung dan orang aneh berkacamata yang memakai jas kian menorehkan senyum lebar di pipi saya. Cerita yang unik dan kuat namun tidak berlebihan dan tidak dibuat-buat. Keterkaitan antar karakter yang satu dengan yang lain menambah dinamika cerita.

Kesimpulannya, Ba:Bo menghadirkan segudang tawa, renungan bahkan mungkin air mata. Setiap anda ingin menonton film drama Korea khususnya yang satu ini, saya sarankan agar anda menyiapkan tisu terlebih dahulu.

1 comments:

Sani.Em said...

saya juga suka dengan film ini...
kalau dihitung" mumngkin saya sudah menonton belasan kali....
^_______,^