Review : Memories of Murder (2003)

Film yang berdasarkan kisah nyata hasil garapan sutradara Bong Joon-ho (The Host, Mother) mengisahkan tentang pembunuhan berantai yang terjadi antara tahun 1986 - 1991. Ketika itu sejumlah wanita diperkosa dan dibunuh dalam keadaan serupa. Detektif Park Doo-man (Song Kang-ho) bertugas untuk memecahkan kasus ini. Ia menangkap orang-orang yang dicurigai lalu menginterogasinya dengan cara kekerasan agar mau mengaku. Lalu detektif Seo Tae-yoon (Kim Sang-kyung) datang dari Seoul untuk membantu penyelidikan. Sedikit demi sedikit Seo Tae-yoon mendapatkan informasi yang mengarah pada pelaku utama. Namun Park dan Seo harus bergegas sebelum korban semakin bertambah.

Film ini cenderung menyoroti cara kerja para detektif dalam menguak kasus, bagaimana mereka dengan susah payah mengumpulkan informasi apalagi bukti yang mengarah kepada si pelaku. Hal tersebut menimbulkan perubahan karakter pada kedua tokoh utama. Alur cerita berjalan secara perlahan seiring informasi-informasi yang mulai terkuak tentang kasus ini. Saya acungi jempol untuk original score dari Taro Ishiwaro yang berhasil menambah ketegangan sepanjang film. Cinematrography yang sangat memukau membuat kita merasa seolah-olah berada pada masa tersebut. Teknik penyutradraan yang juga tak kalah apik oleh Bong Joon-ho dalam mengemas film ini menjadi sebuah tontonan yang layak dan harus disaksikan, ia meraih predikat Best Director dalam ajang Grand Bell Award pada tahun 2003. Bahkan Quentin Tarantino memasukkan film ini bersama The Host ke dalam daftar Top 20 film favoritenya sejak 1992.

Song Kang-ho (Thirst, twilight versi bagusnya menurut teman saya) dan Kim Sang-kyung menunjukkan penampilan yang luar biasa dalam memerankan karakter detektif yang frustasi dan hampir putus asa menghadapi kasus tersebut. Song Kang-ho mendapat predikat Best Actor dalam ajang Grand Bell Award pada tahun 2003.

Perasaan saya saat menyaksikan ending film ini adalah kesal, kecewa, bingung, penasaran semuanya bercampur aduk. Film ini benar-benar mencapai puncak ketegangannya saat menjelang hingga ending film. Saya sangat terpuaskan oleh Memories of Murder. Mungkin review saya ini terlalu singkat dan kurang menarik tapi percayalah, film ini akan menghantui pikiran anda.
Sebuah masterpiece yang sangat wajib untuk anda tonton.

0 comments: