Infernal Affairs

Sebuah film Hongkong tahun 2002 yang telah menginspirasi Martin Scorsese untuk me-remakenya dalam versi Hollywood tiga tahun kemudian yang berjudul the Departed. Berkisah seputar seorang polisi Chan Wing Yan (Tony Leung) yang menjadi undercover kepolisian di organisasi mafia yang dipimpin oleh Sam (Eric Tsang) dan Lau Kin Ming (Andy Lau) yang menjadi undercover-nya mafia di kepolisian. Mereka berdua selalu melaporkan informasi pada ketuanya masing-masing. Sampai suatu ketika Kepolisian mencium adanya penghianat di dalam Kepolisian,begitu pun di pihak Mafia yang jga mencium adanya penghianat. Maka identitas serta posisi Yan dan Lau pun terancam.

Mari kita bandingkan Infernal Affairs dengan remake-nya The Departed. Dari segi akting, dengan jajaran aktor kelas Hollywood seperti Di Caprio dan Matt Damon tentu saja lebih unggul. Mereka berhasil menunjukan penampilan yang luar biasa. Tetapi Andy Lau dan Tony Leung juga tampil tak kalah baik. Mereka berhasil membawakan karakter mereka ke titik tengah dimana karakter mereka terlihat tidak baik juga tidak jahat. Dari segi cerita, Infernal Affairs lebih terfokus pada dua tokoh utama dan karakter wanita tidak terlalu diekspose hanya sekedar selingan saja. Serta cerita nampak begitu orisinil dan tidak terlalu rumit dibandingkan The Departed. Sedangkan The Departed, cerita terpecah ke beberapa tokoh karena mencoba menggunakan banyak tokoh. Serta pengenalan karakter wanita cukup ditonjolkan untuk mendampingi dua karakter utama.

Saya kesulitan untuk memberi kesimpulan apakah Infernal Affairs lebih baik daripada The Departed atau sebaliknya. Film manapun yang duluan anda tonton akan menjadi acuan. Dan yang lain akan kalah bila diperbandingkan. Karena saya lebih dulu menonton The Departed sebelum Infernal Affairs. Jadi saya lebih memihak pada The Departed ketimbang Infernal Affairs. Namun saya sarankan akan lebih baik jika anda menonton Infernal Affairs lebih dulu sebelum The Departed.

6 comments:

Reza said...

Blm ntn dua2nya jd ga bisa nilai, hehehe

Thyo Aditya said...

w kira lo dah nntn aslah satu ny cha..haha

Bang Mupi said...

kenapa anda menyarankan nonton Infernal Affairs dulu?

Thyo Aditya said...

@bang mupi: hmm..supaya anda bisa bner2 mnikmati k'orisinil-an cerita yg d'miliki jdi anda bisa menyimpulkan apakah Martin Scorsese sukses me-remake film ini atau tidak..hehe :D

Chusnul Khairuddin said...

jangan lupa bahwa infernal affairs merupakan sebuah trilogi, sehingga the departed pun harus dilihat sebagai remake dari ketiga film tersebut (bukan hanya yang pertama).

kalau anda sudah menonton ketiganya, saya tidak jamin anda masih akan bilang plot the departed lebih rumit ketimbang infernal affairs trilogi. :)

Thyo Aditya said...

@chusnul khairuddin: iya gw tw itu trilogi,tpi emang bru nntn yg prtama doang..hehe
gw agak ragu mw nntn dua film slanjutnya,tkut kualitasnya ga sebaik yg pertama..haha