Review : The Man From Earth (2007)

"What if a man from the upper paleolithic had survived
until the present day?"

Can you believe that? Yeah, saya pun tidak percaya. Film yang ditulis oleh  Jarome Bixby pada tahun 1998, mengisahkan tentang seorang manusia, John Oldman (David Lee Smith) yang telah hidup lebih dari 14.000 tahun lamanya. Ia menceritakan pengalamannya kepada teman-temannya, Dan (Tony Todd) seorang arkeolog, Harry (John Billingsley) ahli biologi, Edith (Ellen Crwford) christian literalis, Sandy (Annika Peterson), Art (William Katt), Linda (Alexis Thorpe) dan Dr Gruber (Richard Riehle) seorang psikolog.

Jika anda membayangkan akan ada tekhnologi canggih yang diterapkan dalam film ini, anda salah. Film ini memang ber-genre sci-fi, tapi yang ada hanya sekumpulan teori tentang sejarah yang mungkin sulit dimengerti. Keseluruhan film bertempat di sebuah ruang keluarga. Ini akan terasa membosankan bagi sebagian besar orang. Dengan alur yang lambat dan banyaknya dialog di dalamnya. Namun hal tersebut tidak membuat saya jenuh karena menurut saya dialog-nya cukup menarik dan semuanya berisi pengetahuan. Akting dari para pemain tidak ada yang menonjol bahkan terkesan biasa. Yang menjadi nilai lebih dari film ini adalah penuturan cerita yang cukup baik melalui dialog antar tokoh.

"Every 10 years or so, when people start to notice I don't age, I move on", John Oldman.

Sulit bagi saya untuk membuat anda tertarik dengan film ini. Mungkin ini akan menarik minat anda. Bagaimana mungkin jika teman yang anda kenal menjadi bagian penting dalam sejarah? Sebaiknya anda tanyakan ini kepadanya, apakah sang Budha mengenalnya?
Kesimpulannya, apakah anda percaya dengan kisah yang dituturkan oleh John Oldman? Atau ia hanya bergurau? Hanya Anda, Sandy dan Dr. Gruber yang akan mengetahuinya di akhir cerita.

2 comments:

Rfirmansyah said...

Keren gan, tapi sayang durasinya pendek ya?

Thyo Aditya said...

@rfirmansyah: ga trlalu pendek jga,sedenglah..
seru juga trnyata filmnya..haha